Selasa, 28 Agustus 2012


Cara Atasi honda Vario CW Yang mendadak Mati-Bagi Anda pemilik sepeda motor matik vario pernahkah secara mendadak mati di jalan tanpa tahu sebabnya?
Saya akan mencoba berbagi pengalaman sedikit permasalahan menggunakan motor vario yang pernah mengalami berhenti mendadak di perjalanan. Semoga berguna.
Waktu mau mengantar istri belanja mendadak habis melaju dari belokan perumahan pada kecepatan kurang lebih 40km/j tiba-tiba motor mati. Wah repot nih padahal motor belum ada seminggu barusan di service. Distater tdk bisa,diengkol jg tdk bisa. Akhirnya didorong deh sampai rumah untung jaraknya baru sekitar 150 meter, dorongnya sih tdk masalah diomeli istrinya yang bikin gerah hehehe. . maklum belanja batal..

Sampai rumah aku coba bongkar busi, ternyata kondisi masih baik tidak ada indikasi basah oli atau gosong. Dah nyerah dech maklum belum lama pegang motor matik, sebenarnya pengen dibawa ke bengkel karena masih garansi tp repot bawanya karena jaraknya lebih dari 2 km.

Kehabisan ide untuk mengatasi Vario yang mendadak mati ini, iseng saja aku telp teman yang punya vario barangkali pernah punya pengalaman yang sama. Kebetulan sekali ternyata temanku pernah punya pengalaman yang sama. Nah sedikit lega nih, terus dia kasih tahu goyang-goyang atau kocak-kocak saja motornya karena kemungkin an pelampung karburatornya tersendat atau macet.

Tanpa pikir panjang langsung aku coba saja meng goyang goyang motor ke kanan dan ke kiri ke atas dan ke bawah beberapa saat sambil berdoa dalam hati semoga bisa normal kembali. Setelah itu aku coba starter pakai engkol.. ya puji Tuhan ternyata motor bisa hidup..wah seneng rasanya motor ndak harus dibawa kebengkel dah bisa hidup.

Setelah kejadian itu aku coba tanyakan lewat beberapa teman yang tahu tentang seluk beluk mesin motor matik kemungkinan penyebabnya adalah posisi pelampung pada karburator pemasangannya kurang tepat sehingga pasokan bahan bakar tersendat atau macet. Pemecahan permasalahan dengan menggoyang-goyang motor tadi adalah salah satu cara yang sebenarnya bersifat spekulatif.

Namun demikian ternyata triks tadi berhasil mengatasi permasalahan pada motor vario saya dan juga teman saya yang juga punya pengalaman yang sama. Sejak saat itu vario saya juga ndak pernah bermasalah macet lagi.

Ok, semoga pengalaman kecil ini berguna untuk pembaca yang barangkali punya permasalahan yang sama..

7 komentar:

Freedom Boy mengatakan...

Pas bermasalah pas ketemu blog ini, thanks for sharing.

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas infonya, Kehilangan kompresi dan mati tiba-tiba adalah salah satu problem yang sering menyerang motor matic by: www.motroad.com

Unknown mengatakan...

terima kasih.
sangat membantu,

mas broo mengatakan...

bos ni ane punya hoda vario 110 fi, masih baru tiba" mati mesin g ada pengapian sekring normal semuah kira" apa y y boss?

Nugie mengatakan...

thanks komennya, kalau vari fi mending bawa ke ahas terdekat karena pengecekannya pakai alat ECU jadi ketahuan masalahnya dimana. kalau injeksi semuanya diperbaiki pakai alat injector ECU jadi keliahatan kalau ada yg bermasalah..semoga membantu

Unknown mengatakan...

Vario 150 tiba tiba mati, saya cek listrik, bensin, busi semua gak ada masalah. Saya jadi bingung. Mohon infonya

Unknown mengatakan...

Motor saya baru 8 bulan tapi setiap pagi saya hidupin untuk saya panasi gas nya tiba2 rendah terus mati Kira2 apa ya masalah nya tolong kasih tau dong?

Blogger Tricks

Copyright © 2012 Dunia Matic | Guilty Crown Theme | Designed by Johanes DJ